Kepedulian terhadap keluhan masyarakat terkait seringnya terputus Jaringan Telkomsel, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Utara, Muhammad Hardhy Muslim, S.H, M.Si bergerak cepat temui pimpinan cabang Telkomsel Arwadin di Bau-bau, pada hari Jumat, (15/3/2024).
Muhammad Hardhy Muslim menyampaikan keluhan itu, bahwa di wilayah Butur sering terjadi gangguan signal dan terputusnya jaringan telepon seluler berjam-jam lamanya.
“Warga Butur yang hanya menggunakan satu provider komunikasi, khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Kulisusu, kesulitan berkomunikasi karena sinyal sering hilang, Ungkap Sekda Butur.
Dikatakannya, kalau gangguan signal tersebut bukan hanya masyarakat yang merasakan kesulitan berkomunikasi, akan tetapi berdampak juga pada pelayanan publik di lingkungan Pemda Butur.
Ia mencontohkan pada saat rapat virtual yang sangat penting dengan pemerintah pusat dan provinsi kadang jaringan langsung terputus.
“Saat mengikuti zoom meeting dengan pemerintah provinsi ataupun dengan Kementerian, tiba-tiba terputus kontak akibat koneksi internet hilang”, tuturnya.
Untuk itu, Sekda sebagai pemerintah daerah sudah menyampaikan keluhan ini dan berharap kepada pihak Telkomsel dapat bekerjasama dunia188 dengan baik untuk terus memperbaiki jaringan ketika terjadi gangguan-gangguan teknis di lapangan.
“kita harapkan hubungan komunikasi kita selalu terjalin dengan baik, ketika ada keluhan bisa secepatnya untuk diperbaiki, kata Sekda.
Sementara itu, Pimpinan Cabang Telkomsel Baubau, Arwadin mengatakan ada dua faktor utama penyebab jaringan telekomunikasi di Kulisusu terganggu:
Pertama, akibat listrik mati.
Apabila ada pemadaman dari PLN, Telkomsel juga mengalami gangguan, sebab baterai yang digunakan tidak mampu bertahan lama dan mesin genset terbatas cuma dua dalam satu Kabupaten, karena tidak semua wilayah di backup oleh genset;
Dan kedua, ada musibah kabel optik yang putus. Karena jarak antara Baubau dengan Kulisusu cukup jauh dan yang terjadi musibah di pertengahan misalnya di wilayah Bonegunu dan sekitarnya, maka teknisinya juga butuh waktu melakukan penanganan.
Arwadin berharap, semoga musim penghujan cepat selesai sehingga kondisinya kembali normal lagi tanpa ada pemadaman listrik dan musibah gangguan kabel putus juga tidak terjadi.
Sementara itu, dari Kementerian Kominfo RI Pusat Monitoring Telekomunikasi, Puput ketika menanggapi keluhan Pemda Butur atas permasalahan jaringan telekomunikasi berjanji akan membantu mengkomunikasikan masalah ini ke pihak penyelenggara Operator Seluler dalam hal ini Telkomsel Pusat di Jakarta agar melakukan langkah-langkah antisipasi perbaikan pelayanan atas keluhan yang terjadi, imbuhnya.
“Sekaligus kami juga akan mengkoordinasikan dengan teman-teman network, katanya.